God, grant me : The courage to change the things I can change, The serenity to accept the things I can not change, and The wisdom to know the difference……!!

Friday 10 April 2015

CATATAN SEORANG MANTAN MAHASISWA

Pernah di suatu ketika dulu….. aku tercatatat sebagai seorang mahasiswa dari beberapa universitas…  walaupun berbeda universitas, namun yang kurasakan dan kulakukan adalah hampir sama…. Hampir serupa…

Yang dimaksud serupa di sini adalah saat menemui ujian yang bersifat open book….. – ceria sekali saat dosen bilang ujiannya open book… hehehe Saat ujian bersifat open book...  dapat dipastikan sehari atau beberapa hari sebelumnya yang aku lakukan adalah mengumpulkan buku yang akan dipakai untuk ujian….. 

hal tersebut aku lakukan saat jadi mahasiswa Universitas Terbuka, Universitas Tidar Magelang, dan Universitas Gadjahmada….. dan masih aku lakukan saat menjadi mahasiswa di International University of Japan (IUJ)… hahahaha

Walaupun yang kulakukan hampir sama dan hampir serupa, namun sempat terpana juga waktu ujian open book di IUJ dulu…. Karena apa, saat aku membawa banyak buku ke dalam kelas dulu… dapat dipastikan yang terdengar adalah suara lembar demi lembar halaman buku yang dibuka untuk mencari jawabannya…… srak srek gak karuan suaranya…. – jujur kadang buku baru dibuka saat ujian dimulai…. !!

Yang membedakan adalah bahwa saat aku membawa banyak buku ke kelas, mahasiswa dari Negara lain pada heran dan bertanya : kamu tidak belajar…???? Hahahahaahha….. asem tenan dan begitu menohok hati, mak jleeeeb… !!!

Saat bagiku, open book itu berarti bisa membuka buku di kelas, bagi mereka ternyata tidak…. Mereka tetap belajar dan jarang membuka buku di kelas……

Saat waktu yang disediakan untuk ujian kuhabiskan untuk mencari jawaban di lembar demi lembar buku, waktu mereka dihabiskan untuk menulis jawaban di kertas jawaban…… hiks… !!

Padahal, saat kuliah di Indonesia dullu, maka dapat dipastikan bahwa keseluruhan mahasiswa asyik dengan membuka buku di kelas saat ujian bersifat open book….. hadeeeh… !!!

Liding dongeng…..
Kebiasaan jelek saat ujian open book yang aku lakukan dulu itu, ternyata masih dipertahankan oleh sebagian besar mahasiswa di Indonesia……

Nampaknya harus mulai ada pemikiran untuk mengurangi kebiasaan tersebut… walau open book tetap harus belajar agar waktu ujian tidak terbuang percuma….

Terakhir….. tulisan ini hanya tulisan tanpa makna yang semoga memberi insiprasi bagi yang sedang jadi mahasiswa….. dan hanya tulisan iseng mantan mahasiswa, hehehehe…. Peace.. !!


Temanggung, 10 April 2015
Aris Kya

1 comment:

  1. Hidup mahasiswa! Nitip gan kali aja ada yg mau order artikel SEO berkualitas https://www.artikalis.com/

    ReplyDelete